Senin, 21 Januari 2013

TEMUAN SISTEM PENDINGIN MOBIL LISTRIK

Peneliti Jerman Temukan Pendingin untuk Mobil Listrik

Salah satu contoh mobil listrik
Salah satu contoh mobil listrik (sumber: utk.edu)
Temuan yang bisa menghemat penggunaan baterai mobil.

Peneliti di Jerman telah menemukan cairan pendingin baru untuk baterai mobil listrik yang sangat mahal. Pendingin itu juga memperpanjang usia baterai mobil. Hal ini merupakan langkah baru dalam menghemat biaya untuk tenaga penggerak listrik.

Menurut tim peneliti dari Fraunhofer Institute for Environmental, Safety and Energy Technology di Oberhausen, cairan yang disebut CryoSolplus ini menyerap panas lebih baik daripada air dan udara serta memungkinkan baterai diletakkan di tempat yang rapat di bawah kap mobil.

Sebuah baterai baru untuk mobil listrik harganya dapat mencapai setengah dari harga mobil listrik itu sendiri. Saat ini, baterai mobil listrik tidak memiliki sistem pendingin. Alat untuk mengisi ulang baterai juga tidak memiliki sistem pendingin.

Peneliti dari Fraunhofer mengatakan bahwa CryoSolplus yang terdiri dari campuran air, paraffin, anti-dingin, dan alat stabilisasi ini dapat menyerap panas tiga kali lebih baik daripada air. Selain itu, cairan ini juga tidak banyak memakan tempat.

“Masalah utama yang kami hadapi dalam pengembangan ini adalah untuk membuat penyebarannya stabil,” ujar Tobias Kappels, salah satu peneliti dari Fraunhofer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar