Rabu, 27 Februari 2013

UPGRADE PERFORMA YAMAHA JUPITER Z

Upgrade Performa Yamaha Jupiter Z Biar Makin Ngacir


OTOMOTIFNET - Tentu senang jika punya  motor bisa bikin orang lain berdecak kagum. Tak hanya tampilan kinclong dan resik, tarikan juga yahud tentunya. Memang, beberapa modifikasi alias korekan mesin membuat lari makin ngacir, tetapi belum tentu nyaman buat harian.
Nah, kali ini Mr. Testo merekomendasikan modifikasi harian yang masih tetap nyaman dipakai sehari-hari. Ini juga sekaligus menjawab surat teman-teman yang masuk ke email mr. testo (mr.testo10@gmail.com).

PERANTI STANDAR



Yang penting masih bisa dipakai sehari-hari untuk mengantarnya ke tempat kerja maupun menjadi andalan berboncengan dengan sang pacar.

Korekan yang dilakukan  sebenarnya cukup banyak, meski ubahan yang paling utama pada kepala silinder dan jeroan-jeroan cylinder head itu. Seperti ubahan pada klep standar yang dibikin lebih besar. Menurutnya, klep pakai diameter 26 dan 23 mm untuk katup masuk dan buang itu.

Karbu PE 24, masih tidak meminum bensin terlalu banyak

Knalpot masih standar tetapi tarikan pun lebih gahar

Diuji menggunakan Race Logic, korekan harian lebih cepat

CDI barter dengan punya Vega
Lalu untuk menaikkan kompresi, kepala silinder dipapas 0,5 mm. Sementara noken as standar diubah  jadi berdurasi 272, dengan lift 8,5 mm. Noken as tadi bekerja sama dengan per klep yang menahan klep masuk dan buang. Per klep ini diambil dari Honda Sonic, hanya tingginya disesuaikan dengan noken asnya. Per klep ini memiliki kekerasan lebih baik ketimbang standarnya, sehingga mampu menjaga buka-tutup klep dengan baik di putaran tinggi.

Noken As, salah satu penentu tarikan lebih baik
Sementara piston, digantikan dengan Izumi dengan oversize 1.00 mm, dengan dome 3 mm. Dengan begitu kompresi yang dihasilkan pun lebih tinggi. Walau pun begitu,  masih bisa menggunakan bensin sekelas Pertamax yang beroktan 92. “Saat menggunakan Premium masih bisa, meski tarikannya terasa kendor, dan ada gejalan ngelitik,” ujarnya.
Sementara pengapian boleh dibilang memiliki pilihan tepat, yaitu tetap pakai peranti standar yang dijual di pasaran. “Seluruh sistem pengapian, mulai koil, CDI menggunakan komponen milik Yamaha Vega,” kata Utomo.

Karburator PE 24 dipercaya sebagai pengabut bahan bakar yang mengalir ke dalam ruang bakar Yamaha Jupiter Z itu. Main jet 112 serta pilot jet 40 diandalkan dalam karburator itu.

Sementara final gear, menggunakan sproket 13 di depan dan 33 untuk gir belakang. “Memang tarikannya terasa berat di awal, tetapi top speednya jadi lebih baik,”
Data Spesifikasi


Klep in / Out
26/26 mm

Head papas
0.5 mm

Per klep
Sonic

noken as
Standar Durasi 272 lift 8,5 mm

Piston
Izumi 1.00 mm dome 3 mm

Kaburator
PE 24 main-jet 112 pilot-jet 40

koil/cdi
Standar Yamaha Vega

Final gear (depan/belakang)
13/33

Total biaya
Rp 1,5-2 Juta

Jupiter Z
Standar
Modifikasi
0-60 km
8,6
5,9
0-80 km
14,2
9,7
0-100 meter
9,0
6,8
0-201 meter
14,2
12,7
Top Speed
105 km/jam
120 km/jam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar