Sabtu, 09 Februari 2013


Cara Memeriksa Poros Gardan

Pemeriksaan poros gardan dibagi menjadi 3 bagian yaitu;
a. Pembongkaran
    • Lepas sambungan universal dair diferensial dan bantalan penyangga tengah dari rangka kemudian lepaskan poros propeller
    • Sebelum melepaskan poros propeller dari flens penyambung jangan lupa untuk member tanda pemasangan.
    • Masukkan peralatan khusus ke dalam ujung belakang dari rumah transmisi untuk mencegah kebocoran oli.
    • Siapkan poros propeller di atas bangku kerja
    • Beri tanda pemasangan flens yoke dan poros propeller.
    • Lepaskan map ring dan buka bantalan spider/  jarum bagian belakang.
    • Buka dan lepas snap ring dari bantalan jarum/spider bagian depan.
    • Tekan ujung yang satu dari bantalan jarum dengan ragum dan soket ukuran 14 mm dan 21 mm sehingga sisi lainnya dari batnalan jarum masuk ke dalam soket ukuran 21 cm
    • Pukul poros propeller hingga bantalan jarum ditarik keluar dan jaga bantalan tidak boleh berjatuhan.
    b. Pemeriksaan
    • Cuci bagian yang dibongkar dan periksa kemungkinan rusak aus atau berkarat.
    • Periksa bagian yang diberi nomor kemungkinan aus, rusak dan berubah bentuk
    • Yoke sambungan dnegan selubung periksa bagian -bagian yang mungkin aus, rusak dan berubah bentuk.
    • Periksa yoke flens sambungan universal kemungkinan aus dan rusak.
    c. Perakitan
    • Pasang komponen-komponen poros propeller sesuai nomor urutnya.
    • pasang pada sipder pada Yoke dengan menggunakan peralatan khusus dan ragam atau alat pengepres yang lebih dahulu dipasang pada bantalan pada salah satu bagian spider dengan cara yang sama.
    • Sesudah dipsang, pemeriksa kehalusan putaran dengan jalan memutar selubung atau flens yoke ke kiri dan ke kanan.
    • Pasang poros dengan kelengkapan setelah tanda-tanda pemasangan yang dibuat waktu melepas dicocokkan.
    • Pada waktu memasang poros propeller 3 sambungan, pertama-tama setel posis bantalan tengah dalam kendaraan tanpa beban.
    • Cocok garis tengah bantalan harus tegak lurus pada garis tengah poros tengah.
    • Setel selesai pemasangan bagian sambungan univesal, selubung yoke yang masuk ke dalam transmisi harus diberi minyak pelumas
    • Keraskan baut pengikat menurut spesifikasinya.

    01 NEPER

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar